5 Cara Hindari Kanker Kulit Yang Mematikan

Kanker Kulit merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Kanker kulit ini adalah pertumbuhan sel-sel abnormal pada kulit.

Penyebab kanker kulit

Penyebab dari kanker kulit berbeda-beda tergantung dengan tingkat keganasan kanker. Salah satu kanker kulit yang mematikan adalah melanoma. Kanker jenis ini terjadi pada melanosit, sel pigmen yang ada di kulit yang bisa menghasilkan melanin.

kulit

Kanker kulit sering kali menimpa pada orang yang sering terkena paparan sinar ultraviolet secara langsung, senyawa berbahaya seperti tar batubara, creosote dan arsenik. Serta riwayat keluarganya ada yang pernah terkena kanker kulit.

Pencegahan Kanker Kulit
Tentunya Ladies tidak mau jika terkena kanker kulit. Usaha yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan pencegahan sedini mungkin. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Hindari terkena sinar matahari antara jam 10.00 – 14.00. Karena disaat ini lah matahari paling kuat memancarkan sinarnya. Sehingga risiko terkena paparan sinar ultraviolet cukup tinggi. Yang akibatnya bisa menyebabkan penyakit kanker kulit.

2.  Memakai baju tertutup disiang hari ketika diluar rumah. Sangat penting ketika diluar rumah sebaiknya memakai pakaian tertutup yang terbuat dari katun berwarna putih. Sehingga bisa menangkal sebagian sinar matahari yang mengenai tubuh.

3. Pakailah tabir surya dan pelembab bibir yang menggunakan SPF minimal 30. Ulangi pemakain tabir surya tiap dua jam sekali.

4. Jika perlu pakailah topi lebar agar bisa melindungi wajah, telinga dan leher Anda.

5. Pakai kacamata hitam. Untuk menangkal sinar UV Anda bisa memakai kacamata hitam dengan teknologi yang bisa menangkal 99-100% sinar UV. Kacamata yang Anda pilih haruslah lebar agar semakin banyak kulit di area mata yang terlindungi.

Yang terpenting adalah Anda harus memperhatikan perubahan pada kulit Anda, jika ada perubahan ukuran, bentuk tahi lalat atau lesi kulit lainnya atau bahkan lebih parah lagi tumbuh benjolan baru seperti tahi lalat di kulit. Bisa jadi itu berbahaya bagi Anda.

Tahi lalat yang hanya berlangsung beberapa hari berarti bukan melanoma. Tapi jika perubahan selama lebih dari satu bulan sebaiknya Anda menemui dokter. Ok tetap waspada terhadap kanker kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *