Beberapa Faktor Penyebab Tingginya Resiko Keguguran

Salah satu momok menakutkan bagi ibu hamil adalah keguguran. Terjadinya keguruan ini tidak dapat diprediksi dan bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu ibu hamil harus benar-benar memperhatikan kehamilannya. Salah satu penyebabnya kemungkinan saja karena janin lemah dan tidak berkembang. Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan keguguran seperti dikutip dari vemale adalah sebagai berikut.

ibu hamil
Ibu hamil

Faktor Penyebab Keguguran pada Ibu hamil :

Faktor Usia

Bagi Ladies yang sudah berusia 40 tahun ke atas memiliki risiko tinggi terhadap keguguran. Hal ini karena ovum suami istri lebih rentan mengalami kerusakan genetik. Setiap satu dari tiga kehamilan di atas 40 tahun ternyata mengalami keguguran.

Kadar Vitamin dalam Tubuh

Berdasarkan penelitian bahwa defisiansi vitamin D dan B bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami keguguran. Hal ini berbeda dengan vitamin lainnya seperti vitamin A yang memiliki efek sebaliknya. Semakin terlalu banyak kadar vitamin A yang Anda konsumsi selama hamil bisa membahayakan kehamilan itu sendiri. Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin parental yang sudah disetujui oleh dokter kandungan. Dan jangan mengonsumsi sembarang vitamin karena bisa berefek buruk pada kehamilan.

Ketidakseimbangan hormon

Salah satu faktor penyebab terjadinya keguguran adalah hormon yang tidak seimbang. Hormon tiroid berfungsi dalam mengatur kecepatan tubuh membakar energi, memproduksi protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lain. Hormon tiroid ini bisa mempengaruhi seluruh fungsi tubuh termasuk hormon yang berperan dala kehamilan. Jika terjadi ketidakseimbangan jumlah hormon tiroid dalam tubuh baik itu terlalu banyak atau sedikit ternyata dapat meningkatkan risiko ibu hamil mengalami keguguran.

Merokok/Mengonsumsi Minuman beralkohol

Bagi Anda perokok atau yang suka mengonsumsi minuman beralkohol memiliki risiko mengalami keguguran. Penelitian menunjukkan bahwa perokok ataupun mantan perokok memiliki risiko keguguran yang lebih besar dibandingkan yang tidak merokok. Kemudian yang mengonsumsi alkohol dengan kadar yang tinggi selama proses konsepsi baik itu ibu ataupun ayah dapat beresiko mengalami keguguran.

Lingkungan Tidak Sehat

Efek radiasi dari lingkungan dan juga karena paparan terhadap racun seperti merkuri bisa meningkatkan risiko terjadi keguguran. Oleh karena itu lingkungan tempat tinggal harus benar-benar sehat Agar ibu hamil bisa menjaga janin dengan baik.

Jarak Kehamilan

Jarak kehamilan yang terlalu dekat yaitu kurang dari 6 bulan pasca melahirkan dapat meningkatkan risiko terjadinya keguruan. Selain itu kehamilan yang terlalu dekat juga bisa menyebabkan lahirnya premature pada bayi.Oleh karena itu sangat disarankan Ladies mengatur jarak kehamilan dengan baik.

Itulah beberapa faktor yang bisa meningkatkan terjadinya keguguran pada ibu hamil. Bagi Ladies yang saat ini tengah hamil silahkan perhatikan penyebab terjadinya keguguran diatas, agar lebih waspada dan menjaga dengan baik janin Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *