Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Beras merah adalah salah satu makanan pokok yang mengandung banyak karbohidrat. Biasanya beras ini di masak dan dimakan seperti halnya beras putih. Tapi untuk kandungan gizi jelas lebih bagus beras merah dibandingkan yang putih.

Beras merah

Warna merah dari beras merah ini berasal dari zat antosianin yang merupakan zat warna alami yang bersifat antioksidan, antikanker, antihipertensi, dan anti hiperglikemik. Kandungan gizi dari beras merah ini bisa Anda simak dibawah ini.
Kandungan gizi beras merah :
Di dalam 1 cangkir beras merah terdapat 216.45 kalori, 88% kecukupan harian mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18.8% DV asam amino triptofan, 3.5 gram serat. Protein 2-5% lebih tinggi dibanding beras putih, asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B Kompleks dan vitamin A.
Manfaat dan khasiat beras merah untuk kesehatan :
1. Membantu menurunkan berat badan 
Beras merah mengandung kalori yang cukup rendah sehingga sangat efektif membantu mencegah perut buncit. Kandungan karbohidrat kompleks pada beras merah dapat menyuplai energi secara berkala sehingga perut tidak cepat lapar. 
2. Menyehatkan pencernaan
Beras merah juga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat menyehatkan pencernaan. Dengan mengonsumsi makanan pokok ini pencernaan akan menjadi lancar.
3. Dapat mengontrol gula darah
Jika Anda menderita diabetes, ada baiknya untuk mengonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih. Karena beras merah memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dan kandungan kalori yang rendah dibandingkan beras putih.
4. Menurunkan kadar kolesterol jahat
Kolesterol jahat LDL bisa berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Jika Anda ingin menurunkan kolesterol LDL Anda bisa mengonsumsi beras merah sebagai pengganti beras putih.
5. Mencegah terjadinya batu empedu.
Menurut berbagai penelitian bahwa semakin tinggi serat maka dapat mencegah batu empedu. Serat sangat mudah dicerna sehingga membantu melarutkan sisa makanan untuk membantu membentuk empedu yang sehat.
6. Merupakan sumber antioksidan
Kandungan berbagai macam vitamin dan mineral yang terdapat didalam beras merah merupakan sumber antioksidan yang bisa membantu membuang radikal bebas didalam tubuh.
7. Menjaga Kesehatan Tulang
Salah satu kandungan beras merah adalah magnesium. Zat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
8. Membantu Program Diet
Beras merah dapat membantu program diet Anda, hal ini karena beras ini mengandung 110 kalori per porsi dan masing-masing 2 gram untuk protein dan serat. 
Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan selama 6 minggu yang diterbitkan oleh ‘Nutrition Research’ yang dilakukan pada tahun 2008 yang membandingkan antara beras merah yang dicampur beras hitam dengan makanan pengganti nasi putih tentang manfaat penurunan berat badan. Hasilnya ternyata yang  yang mengonsumsi beras merah kehilangan berat badan dan lemak lebih banyak jika dibandingkan yang mengonsumsi makanan pengganti nasi putih.
Nasi merah mengandung glikemiks rendah sehingga sangat baik untuk menjalankan program diet karena mampu mengendalikan penyerapan kalori. 
Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari beras merah. Ok semoga bermanfaat.

One Reply to “Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *