Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

Dalam postingan sebelumnya telah dibahas cara membuat susu kedelai lezat. Nah, untuk kali ini Pustakawanita ingin memberikan informasi mengenai manfaat yang bisa diperoleh dari susu kedelai terutama dalam hal kesehatan.

Manfaat susu kedelai
Manfaat susu kedelai


Susu kedelai kalau tidak ingin ribet dalam membuatnya Anda bisa mendapatkannya secara mudah. Karena sekarang ini di pinggir jalan banyak ditemui penjual susu ini. Minuman ini memang cukup digemari karena selain rasanya yang enak, susu kedelai ini memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak.

Kandungan Susu kedelai

Susu kedelai ini mengandung karbohidrat, serat (fiber), vitamin E dan K, asam lemak essensial. Kandungan lainnya adalah

Protein

Minuman yang satu ini sudah tidak dipungkiri lagi merupakan sumber protein nabati yang cukup lengkap yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Setidaknya ada sembilan asam amino essensial didalamya. Asam amino tersebut oleh tubuh akan diubah menjadi protein baru, termauk antibodi penting yang berfungsi untuk kekebalan tubuh. Setiap cangkir susu kedelai tanpa gula terdapat 7 gram protein.

Vitamin dan Mineral

Kandungan vitamin dan mineral didalam susu kedelai >

  • Vitamin B12
  • Riboflavin
  • Zat Besi
  • Kalsium

Manfaat Susu Kedelai

1. Menyehatkan Jantung (kardiovaskular)

Salah satu penyakit yang paling dialami seorang pria adalah penyakit jantung. Bahkan portal kesehatan dunia MayoClinic.com menyarankan untuk melakuan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi protein untuk mencegah penyakit jantung kardiovaskular ini.

Caranya Anda hanya perlu meminum 1 cangkir susu kedelai yang mengandung 3.6 gram lemak, 6.3 gram protein, 104 kalori dan hanya 0.5 gram lemak jenuh.

2. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Susu kedelai memiliki kandungan yang seimbang antara lemak jenuh dan tak jenuh dan ini merupakan komponen penting dalam membantu mengatur tekanan darah tinggi. Selain itu dengan kandungan vitamin E, asam folat dan B6 membuatnya mampu mencegah terjadinya penyakit jantung. Kemudian kandungan magnesiumnya juga bisa meminimalisir tekanan darah tinggi.

3. Mengurangi Kolesterol Dalam Darah

Susu kedelai juga mengandung antioksidan dalam isoflavon sehingga mampu menaikkan kadar HDL yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Kemudian kandungan lesitin yang ada didalamnya dipercaya mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah sehingga mampu meningkatkankan kesehatan tubuh.

4. Mencegah Osteoporosis

Semakin bertambahnya usia bisa mengakibatkan terkena osteoporosis. Nah, untuk mencegah hal tersebut Anda bisa memanfaatkan susu kedelai, karena didalamnya terdapat Fitoestrogen yang membantu mempercepat penyerapan kalsium dan mencegah hilangnya massa tulang.  Agar hasil maksimal pastikan bahwa susu kedelai diperkaya dengan kalsium tambahan dan vitamin D.

5. Menjaga kesehatan mental

Kesehatan mental sangat penting karena bisa mencegah dari depresi. Dengan susu kedelai maka Anda bisa mencegah dari terganggunya kesehatan mental. Karena mengandung sejumlah zat gizi mikro.

Didalam 1 cangkir susu kedelai terkandung 5.8 persen vitamin B6 yang dapat membantu tubuh membuat serotonin neurokimia yang meningkatkan susasana hati. Selain itu kadar magnesium juga bisa membantu meningkatkan tingkat serotonin yang kemungkinan sangat efektif dengan beberapa obat antidepresi yang diperuntukkan bagi orang depresi dan diabetes.

Kemudian kandungan vitamin D yang cukup tinggi bisa mencegah dan mengobati gangguan afektif musiman, kondisi depresi yang bisa mempengaruhi orang yang hidup dalam tekanan tinggi.

6. Mengurangi Risiko Diabetes

Protein yang terkandung didalam Susu kedelai bisa diolah dengan mudah oleh ginjal si penderita diabetes dibandingkan dengan protein hewani yang terdapat pada susu sapi. Didalam susu kedelai terdapat dua zat gizi mikro yang berperan dalam mencegah perkembangan diabetes tipe 2 yaitu magnesium dan vitamin D. Walaupun zat ini bukan untuk pengobatan diabetes tipe 2, tapi jika seseorang kekurangan dua zat ini maka akan memiliki risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2.

Dengan penyajian 1 cangkir susu kedelai maka dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2 karena mengandung 8.6 persen magnesium dan 18 persen vitamin D.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda ambil dari susu kedelai. Ok setelah berhasil membuat sendiri susu kedelai, sekarang anda bisa tahu apa saja manfaat dari susu kedelai tersebut.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *